Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Terhindar Pencurian Data Pribadi

7 Cara Terhindar Pencurian Data Pribadi

Di zaman yang serba digital dan serba di internet ini, masih saja faksi yang manfaatkan kecanggihhan tehnologi untuk tindakan bikin rugi seseorang, dimulai dari penipuan,pembajakan kartu credit dan pencurian data, Pada akhirnya beberapa orang yang di merugikan dan jadi korban dari tindakan kejahatan digital ini, Sebenar nya permasalahan itu muncul karena data pribadi seseorang bocor di jaringan internet atau ada yang menyengaja mengambil data itu untuk kebutuhan meraka , Supaya data tidak bocor dan di salah pakai seseorang berikut sejumlah panduan nya.

1. Kerjakan klarifikasi dua cara

Untuk semuanya account digital sebaiknya anda lakukan klarifikasi dua cara yakni lewat e-mail dan nomor ponsel , hingga bila ke-2 nya tidak tercukupi account anda tidak dapat dipakai dan aman. E-mail pribadi anda harus juga memakai klarifikasi dua cara supaya data anda aman, E-mail berisi banyak file pribadi terhitung gambar,contact,video dam semua history chat atau pesan berada di drive e-mail.

2. Tidak boleh login di sembarangan situs

Sering-seringlah memakai web yang mempunyai peringkat yang tinggi hingga keamanan data dapat terbangun, Kadang beberapa situs situs yang menyebar di internet dan mengundah content yang memancing korban, di website semacam itu umumnya tampilkan banyak iklan dam pop up yang tidak terang dan bisa menjerumus pencurian data pribadi.

3. Tidak boleh pakai VPN gratis

Siapa di sini yang hobi memakai VPN gratis, VPN gratis benar-benar rawan karena karena tidak di kenalinya apa yang dapat dilakukan oleh VPN gratis yang tersebar dengan data kita. Dan situs website yang dibuka dengan VPN gratis ialah situs umumnya yang dikira tidak aman oleh satu negara atau dapat bisa berpengaruh jelek untuk pemakainya.

4. Kerjakan back Up

Data pribadi seperti gambar dan video sebagus nya di back up pada penyimpanan eksternal seperri flashdisk atau hardisk , Supaya file pribadi bisa aman dari kejahatan digital atau Syber crime, sebagus nya pada data Cloud atau Google drive cuman berisi contact atau info enteng saja,

5. Hapus chace dan history

Kerap lang lakukan clea up chace pada piranti handphone supaya tapak jejak situa dan penelusuran digital tidak menyelusup ke data pribadi , Hapuslah chat dan pesan yang telah lama dan tidak begitu penting, dan chat penting dapat di screenshoot atau taruh pada penyimpanan eksternal.

6. Log-out

Sesudah usai login di suatu website atau media sosial media , seharusnya segera log-out dan tidak boleh tinggalkan nya dengan keadaan log in. Supaya tapak jejak situs anda telah bisa dibaca log-out dan tidak bisa di susuri oleh orang tidak bertanggungjawab.

7. Tidak boleh memburu WiFi gratis

Pada wifi gfatisan rawan pada pencurian data , karena kita masuk pada penyuplai service wifi gratis dan data kita bisa secara mudah di curi oleh aktor kejahatan di gital.

Dengan lakukan panduan itu kebocoran data bisa di minimalisir dengan optimal, Selalu berhati hati memakai info data pribadai supaya tidak terserang kejahatan di gital dan pencurian data terjadi , Menjaga data pribadi dan disiplin mengurus info yang diperoleh , Tidak boleh mudah tergoda dengan content yang kelihatan menarik atau penawaran layanan online yang terlampau mudah atau gampang sebab bisa saja itu ialah penipuan.